MEMASUKKAN VIDEO KE BLOG DARI PC & YOUTUBE

Memasukkan video ke blog bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara pertama adalah dengan langsung mengupload video dari perangkat PC. Jika ...




Memasukkan video ke blog bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara pertama adalah dengan langsung mengupload video dari perangkat PC. Jika Anda mempunyai video hasil recording baik dari ponsel / hp, handycam, atau digital camera yang ingin dimasukkan ke dalam blog, pindahkan dulu file-file video tersebut ke dalam PC kemudian upload ke blog. Cara kedua ialah dengan menggunakan iframe dari Youtube, jika Anda mempunyai video di Youtube, atau ingin memasukkan video dari user Youtube ke dalam blog maka kita bisa menggunakan iframe.

Untuk memasukkan video ke blog dari PC, kita cukup menggunakan menu INSERT VIDEO yang telah disediakan oleh Blogger pada menu editor. Dalam Insert Video terdapat 5 opsi untuk mengunggah video Anda ke blog :
  • Upload
  • From YouTube
  • My YouTube Videos
  • From your Phone
  • From your Webcam

Dalam opsi diatas juga memungkinkan untuk upload langsung dari ponsel ataupun webcam.

MEMASUKKAN VIDEO KE BLOG DARI PC



1. Masuk ke DASBOR Blogger - ENTRI BARU - dan klik INSERT VIDEO

2. Pada menu UPLOAD klik PILIH VIDEO UNTUK DI UNGGAH.

3. Cari dari PC Anda video yang ingin diupload - kemudian klik UNGGAH.

4. Tunggu prosesnya sampai selesai. Dan video siap untuk dipublikasikan.

MEMASUKKAN VIDEO KE BLOG DARI YOUTUBE


Cara yang kedua ini, kita akan menggunakan iframe / embed / script yang diambil dari Youtube. Kode script ini terletak dibawah video pada Youtube.

1. Pertama tama buatlah posting baru, buka situs Youtube pada tab baru. Cari video dari Youtube yang ingin Anda masukkan ke dalam blog. Sebagai contoh saya akan memasukkan video cover Canon Rock yang diupload oleh user Youtube "TheRealHanafi" :D

2. Pada Video Youtube tersebut (bhs.Indonesia) klik BAGI - SEMATKAN - Dan COPY KODENYA. Silahkan lihat gambar dibawah ini :

3. Kembali ke Posting baru BLOGGER, pilih metode penulisan HTML. PASTE kan Kodenya disana.

4. Agar rata tengan tambahkan kode <center>KODE</center>. Sehingga seperti ini :


<center><iframe width="420" height="315" src="http://www.youtube.com/embed/EkhGrlXWZQk" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></center>

Jika berhasil, video akan nampak seperti dibawah ini. Klik PLAY untuk memainkan !


Demikianlah 2 cara memasukkan video ke blog baik melalui PC maupun mengambil iframe dari Youtube. Anda dapat menyesuaikan lebar video dari Youtube sebelum diambil kodenya dengan memilih opsi pada UKURAN VIDEO. Menambahkan video ke blog juga sangat disarankan bagi Anda yang mempunyai blog seputar tutorial, sinopsis film, dokumentasi, dsb. Semoga tulisan ini bermanfaat :).

Related

Web blog 1367608015880623355
item