30 FILM KARTUN TV DI MINGGU PAGI TAHUN 90 AN YANG SUDAH MENJADI KENANGAN

Kamu yang lahir tahun 90 - an sampai awal tahun 2000 an pasti suka nonton film kartun minggu pagi yang ada di Televisi, kartun kartun ini ...




Kamu yang lahir tahun 90 - an sampai awal tahun 2000 an pasti suka nonton film kartun minggu pagi yang ada di Televisi, kartun kartun ini biasa tayang dari pagi jam 7 sampai siang hari jam 12 sehingga hari minggu saat libur sekolah tetap betah dirumah sambil nonton acara TV kartun kesayangan di TV. Namun film film kartun ini sudah tiada sekarang dan hanya tinggal kenangan. Walaupun masih ada beberapa serial kartun namun nampaknya tidak sepopuler kartun yang dulu. Kartun kartun zaman dulu rasanya memiliki kenangan tersendiri yang tak terlupakan

Baru baru ini kerap muncul berita yang menyinggung dihentikannya berbagai acara kartun oleh KPI karena ada faktor tertentu, yang mungkin dianggap tidak sesuai, namun sebenarnya hal ini sangat disayangkan karena kartun yang sepantasnya sudah menjadi hiburan bagi anak anak disaat hari libur justru digantikan berbagai acara musik dan sinetron yang kurang mendidik bagi anak, mungkin itu dikarenakan banyak stasiun TV lebih mementingkan rating ketimbang kualitas tayangan. Nah, berikut ini adalah beberapa film kartun TV di minggu pagi yang sebagian besar sudah menjadi kenangan.

DAFTAR FILM KARTUN / ANIMASI MINGGU PAGI TAHUN 90 - 2000 AN


1. DIGIMON ADVENTURE


Digimon Adventure yang merupakan serial anime Jepang ini menceritakan 7 anak yang terdampar di dunia digital pada musim panas tahun 1999. Ketujuh anak tersebut (Taichi, Yamato, Sora, Koushiro, Mimi, Joe, dan Takeru) dipasangkan dengan 7 teman digimonnya, mereka berpetualang untuk melawan digimon digimon jahat yang terkena gerigi hitam. Serial ini terus berlanjut ke Digimon Adventure terus berlanjut dengan menampilkan karakter baru seperti pada Digimon 2, dan Digimon Tamers

2. DETECTIVE CONAN

Siapa yang tak kenal Detective Conan ? Detective Conan merupakan serial anime yang menceritakan tentang Sinichi Kudo seorang detektif 17 tahun yang membantu memecahkan berbagai kasus kejahatan, dalam serialnya Sinichi Kudo diracun misterius sehingga menyebabkan tubuhnya mengecil seperti anak 7 tahun, Sinichi kecillah yang memiliki nama Conan.

3. SAILORMOON


Sailormoon bercerita tentang 5 gadis yang memiliki kekuatan alam super untuk membasmi musuh musuh kegelapan, misi utama Sailormonn adalah untuk mencari kristal perak dan putri bulan. Dalam pertarungannya dengan musuh, Sailormoon dibantu dengan Tuxedo / Taksido bertopeng.

4. P-MAN


P-Man menceritakan anak 4 SD yang bernama Mitsuo, ia diberikan tugas mengamankan alam semesta Oleh BirdMan dari kejahatan. Kekuatan luar biasa yang didapatkan PMan berasal dari jubah dan topeng yang dikenakannya.

5. HAMTARO


Si Hamster imut Hamtaro ini juga sempat menghiasi layar kaca pada kartun minggu pagi pada pertengahan tahun 2002. Serial ini mengisahkan petualang dan kehidupan sehari hari Hamtaro.

6. KOBO CHAN


Kobo Chan dan Chibi Maruko Chan adalah dua serial kartun yang berbeda. Kobo Chan menceritakan kisah seorang anak berusia 5 tahun yang bernama Kobo Tabata, Kobo tinggal disebuah rumah sederhana di Tokyo bersama orang tua, kakek nenek, serta seorang pamannya. Kobo Chan ini mengisahkan kehidupan dan kelucuan anak seusianya.

7. CHIBI MARUKO CHAN


Sementara Chibi Maruko Chan juga menceritakan kehidupan karakter utama yang bernama Chibi Maruko Chan, kisah ini diangkat dari masa kecil si penulis (pencipta karakter utama).

8. DORAEMON


Seekor robot kucing yang bernama Doraemon dikirim oleh keturunan Nobita dari masa depan. Doraemon memiliki sebuah kantong ajaib yang didalamnya terdapat banyak peralatan dari masa depan untuk membantu nobita. Serial ini mengisahkan petualangan dan kehidupan sehari hari Nobita, dan teman temannya, Sizhuka, Suneo & Giant yang dibantu oleh Doraemon.

9. INUYASHA


Serial kartun anime berikutnya adalah Inuyasha. Cerita ini berawal ketika Kagome seorang gadis sma yang terperosok kedalam sumur tua di belakang rumahnya, saat keluar dari sumur tiba tiba ia berada ditempat lain di zaman dulu ketika masih banyak siluman. Disinilah Kagome bertemu dengan Inuyasha (siluman anjing / manusia bertelinga anjing) dan berpetualang untuk menumpas siluman dan mahluk jahat musuh musuhnya termasuk Naraku.

10. DRAGON BALL


Kartun yang satu ini pasti sangat dikenal oleh anak anak yang lahir tahun 90 an. Bercerita tentang petualangan Songoku dan teman teman dalam mencari ketujuh bola naga yang bisa mengabulkan permintaan. Dragon Ball menceritakan kisah kecil Son Goku hingga Goku dewasa dari Dragon Ball Z hingga dragon Ball GT, banyak sekali musuh yang harus dikalahkan oleh Goku dan teman teman seperti Frieza, Cell, Iblis Boo, dan Baby

Lihat juga : 12 Fakta mengejutkan Dragon Ball Z.

11. NINJA HATTORI


Kenichi adalah seorang anak SD biasa berumur 10 tahun, ia berteman dengan Hattori seorang  ninja bersama dengan adiknya Shinzou (Shinjo) dan juga Anjingnya Shisimaru. Kenichi mengizinkan Hattori tinggal dirumahnya, sebagai teman yang baik Hattori selalu membantu Kenichi menghadapi masalah sehari hari.

12. ONE PIECE


Sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D Luffy berpetualang keliling dunia untuk menemukan harta karun, dalam petualangannya ia bertemu dengan banyak teman baru dan tentunya juga musuh yang baru. Luffy si manusia karet bisa memanjangkan tubuhnya seperti karet karena efek setelah makan buah iblis misterius "Gomu Gomu".

13. NINJA BOY


Rintarau, Kirimaru, dan Shinbei adalah 3 tokoh utama dalam serial Ninja Boy. Film kartun ini mengisahkan tingkah konyol ketiga bocah tersebut yang masih belajar di sekolah ninja.

14. POKEMON


Untuk menjadi pokemon trainer terbaik Ali (Ash ketchum) dan temannya Misti &  Brock, dll melakukan petualangan untuk mendapatkan lencana. Berbagai macam pokemon dan pertarungan pokemon ditemu tim ini selama perjalan walaupun Team Rocket (Jessie, James, Miawth) kerap datang mengganggunya.

15. CRAYON SINCHAN


Seorang bocah TK bernama Sichan tampil dengan tingkah polahnya yang nakal dan suka membuat ulah yang bisa merepotkan orang orang disekitarnya termasuk orang tua sinchan, dan guru sinchan di TK. Shiro adalah anjing lucu peliharaan sinchan.

16. MONSTER FARM


Monster Farm atau yang memiliki nama Lain Monster Rancher merupakan salah satu anime film kartun yang menghiasi layar kaca di minggu pagi, versi animenya sebanyak 73 episode.

17. DR SLUMP


Disebuah desa bernama desa Pinguin, manusia hidup berdampingan dengan sosok objek dan hewan yang bisa berbicara. Didesa ini seorang profesor bernama Sinbei Norimaki atau yang dijuluki Dr. Slump berhasil menciptakan robot wanita bernama Arale Norimaki. Kekuatan super dan sifta naif arale membuat film animasi ini cukup lucu dan menghibur.

18. GE GE GE NO KITARO


Mitos hantu jepang dikemas menarik dalam film animasi Ge ge ge no Kitaro, Kitaro si hantu baik selalu membantu manusia dari gangguan hantu hantu jahat.

19. BAKABON


The Genius Bakabon mengisahkan tentang keluarga bakabon yang aneh mulai dari papanya yang suka iseng hingga hajime yang bisa berbicara sejak umur 3 hari. Kelakuan konyol papa bakabon cukup bisa membuat tertawa dan menghibur.

20. POWERPUFF GIRLS


Powerpuff Girls 3 orang gadis mungil siap melindungin Townsville dari serangan orang jahat. Blossom, Bubbles, dan Buttercup diciptakan oleh Professor Utonium menggunakan ramuan kimia X yang membuat mereka memiliki kekuatan super.

21. GUNDAM WING


Gundam Wing juga pernah menghiasi layar kaca dia akhir 1990 an dan awal tahun 2000 an. Serial ini bertemakan robot robot pahlawan yang dikendarai manusia, dan ruang angkasa.

22. SAMURAI X

Samurai X adalah kartun / anime yang mengisahkan tentang petualangan Rurouni kenshin dari jaman dulu / era Meiji.

23. 21 EMON

21 Emon adalah film kartu yang menceritakan masa depan dimana tokoh utamanya Emon punya mimpi besar unjuk menjelajah antariksa. Dia juga punya tugas untuk mengelola hotel milik keluarganya karena saat itu bumi banyak dikunjungi oleh makhluk dari planetplanet lain.

24. TOKYO MEW MEW

Tokyo Mew Mew merupakan serial animasi jepang yang menceritakan 5 remaja yang memiliki kekuatan hewan, mereka adalah pemberantas kerjahatan yang memiliki misi untuk melawan alien yang ingin mengambil alih bumi.

25. CAPTAIN TSUBASA

Untuk kartun yang satu ini pasti banyak yang sering nonton, sebuah kartu jepang tentang sepak bola dengan Captain Tsubasa yang terkenal dengan tendangan saltonya, tak hanya itu banyak sekali adegan akrobatik sepakbola yang ada di serial kartun ini.

26. LETS & GO

Lets n Go adalah kartun jepang yang mengisahkan tentang kompetisi mobil balap mini 4 wd / Tamiya, tak hanya kartunnya saja yang populer, tapi mobil mainannya juga menjadi mainan anak anak dijaman dulu. Apa dulu kamu suka membawa Tamiya ke sekolah ? :)

27. MARSUPILAMI

Selain kartun jepang, ada juga kartun amerika dan eropa yang salah satunya adalah Marsupilami, kartu ini menceritakan kisah 5 ekor hewan cerdas marsupilami yang terbentuk dalam 1 keluarga.  Marsupilami Jantan, Induk Marsupilami dan 3 anak marsupilami.

28. BEYBLADE

Beyblade adalah kartun jepang tentang pertandingan gangsing.

29. CRUSH GEAR TURBO FIGHTER

Selain Lets & Go, ada juga kartun bertema mobil mini, namun pada kartun Crush Gear ini adalah tentang perlombaan mobil penghancur.

30. WOODY WOODPECKER

Woody Woodpecker ini merupakan film kartu yang mengisahkan karakter utamanya yang berwujud burung pelatuk dengan tingkah dan kekonyolannya. Satu hal yang paling diingat dari Woody Woodpecker adalah gaya ketawanya yang khas.

Selain ke 30 film kartun minggu pagi tahun 90 an yang telah dibahas diatas tentu saja masih banyak film animasi lain seperti Yu Gi Oh, The Fairly Oddparents, Ungly Duckling, Casper, Cyborg Kurochan, Felix, Hatchy / Honey Bee Hutch, Hunter X Hunter, Looney Tunes, Road Runner, Ranma 1/2, Scooby Doo, Sonic, Kura kura Ninja, dan masih banyak yang lain. Tentunya tak hanya film kartun saja yang ada di TV saat minggu pagi, Ultraman, Serial Power Rangers, Kamen Rider / Satria Baja Hitam , Film Robot (Kabutaku, Janperson, Jiban, Beetle Borgs) juga menjadi tontonan wajib bagi anak anak tahun 90-an.

Jika kamu dulu pernah nonton film film kartun diatas, berarti masa kecil kamu bahagia :), coba bandingkan dengan acara TV sekarang, rasanya film kartun sudah sangat minim sekali, karena didominasi film film FTV, Sinetron, atau acara Musik yang notabene tidak cocok dikonsumsi anak anak.

Related

Film 4994480582908316630
item