CARA MENGGANTI ALAMAT BLOG DAN RESIKONYA

Cara mengganti alamat blog di blogspot memang kadang diperlukan untuk mengganti alamat blog / url lama yang dinilai perlu untuk dirubah de...




Cara mengganti alamat blog di blogspot memang kadang diperlukan untuk mengganti alamat blog / url lama yang dinilai perlu untuk dirubah dengan alamat blog baru. Pada blogger / blogspot, Anda bisa mengganti alamat / domain blogspot baru berapa kalipun tanpa batasan tertentu asalkan alamat domain tersebut masih tersedia dan tidak digunakan oleh orang lain.

Sebenarnya untuk mengganti alamat blog sudah disediakan menu SETELAN DASAR (SETTINGS) pada dashboard blogger. Caranya cukup mudah, untuk lebih jelasnya silahkan LOG IN ke dasbor blogger. Sebelum mengganti alamat blog, lebih baik dipikirkan terlebih dahulu apakah ini benar benar perlu, karena mengubah url / alamat memang sangat beresiko khususnya untuk lalu lintas dan pengunjung blog.

RESIKO MENGGANTI ALAMAT BLOG

Mengganti alamat blog bisa diibaratkan dengan "pindah rumah", pengunjung loyal blog Anda akan kesulitan menemukan alamat blog baru karena alamat blog lama telah dihapus. Jika ada pengunjung yang mengunjungi alamat blog lama, maka mereka tidak akan terarah otomatis ke blog baru (kecuali custom domain). Search engine (Google, Yahoo, Bing, dll) juga akan membutuhkan waktu untuk mengindeks ulang keseluruhan konten blog dengan alamat yang baru. Ini sangat disayangkan jika Blog Anda sudah memiliki banyak visitor dan bertrafik tinggi.

Resiko dan kerugian lain :
  • Pagerank hilang.
  • Alexa rank mulai dari awal
  • Tidak ada pengunjung dari Search Engine (Organic Traffic)
  • Alamat blog yang sudah diganti tidak akan bisa dikembalikan seperti semula.

Intinya, jika Anda mengganti alamat blog itu sama dengan membuat blog baru, dan harus memulai dari awal lagi. Namun ini tidak jadi masalah jika blog yang ingin Anda rubah alamatnya adalah blog baru yang masih sedikit pengunjung maupun pageview.

CARA MENGGANTI ALAMAT BLOG DI BLOGSPOT

Bila Anda ingin mengganti alamat blog dan belum mengetahui caranya, berikut gambaran sederhananya :

1. Masuk Dasbor Blogger, pilih menu SETELAN (SETTINGS) >> DASAR.

2. Pada submenu PENERBITAN, Anda akan menjumpai "Alamat Blog" Anda. Klik EDIT untuk merubah.

3. Setelah memasukkan alamat blog yang baru klik SIMPAN, dan alamat blog Anda sudah terganti.

Demikianlah informasi seputar cara mengganti alamat blog beserta resikonya. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan dan merugikan, lebih baik dipikirkan dahulu kira kira seberapa perlu untuk mengganti alamat blog. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman ketika saya mengubah alamat blog tanpa mengetahui resikonya, tentu saja banyak visitor yang hilang dan harus memulai dari awal lagi. Semoga bisa dijadikan pelajaran :-).

Related

Web blog 754460920375498696
item