PENJELASAN FUNGSI MENU DASBOR BLOGGER / BLOGSPOT

Fungsi menu blogger pada dasbor / dashboard adalah untuk mengatur semua aktifitas ngeblog kita, mulai dari membuat posting, melihat statis...




Fungsi menu blogger pada dasbor / dashboard adalah untuk mengatur semua aktifitas ngeblog kita, mulai dari membuat posting, melihat statistik kunjungan, merubah tampilan template blog, dan serangkaian pengaturan-pengaturan lain yang diperlukan untuk mengubah sesuaikan blog sesuai dengan yang kita inginkan.

Menu menu pada Dashboard blogger ini cukup mudah difahami. Namun bagi Anda yang baru pertama kali mengenal blog, mungkin masih sedikit bingung tentang fungsi dan cara penggunaan menu Dasbor pada blogger. Berikut ini adalah penjelasan sederhana tentang fungsi menu Dasbor blogger, untuk mempermudah terutama bagi Anda yang masih belajar menggunakan layanan blog gratis dari Blogger ini.

FUNGSI MENU DASBOR BLOGGER / BLOGSPOT


Pada gambar diatas terdapat beberapa menu pada Dasbor Blogger. Menu menu ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Pembahasannya sebagai berikut :


1. ENTRI BARU (NEW POST)

Menu ini berfungsi untuk membuat posting / artikel. Dalam menu ini kita bisa membuat posting bisa berupa text / link / url, gambar, maupun video untuk dipublikasikan kedalam blog.

2. IKHTISAR (OVERVIEW)

Menu ikhtisar akan menampilkan pemberitahuan singkat / pembaruan terkini, seperti grafik penayangan blog, komentar yang menunggu diterbitkan (moderasi) maupun yang telah diterbitkan, jumlah penayangan hari ini, jumlah posting, dan jumlah follower blog terbaru.

3. POS (POSTS)

Menu post berguna untuk melihat daftar posting / artikel yang ada dalam blog, baik yang sudah dipublikasian maupun yang masih tersimpan dalam bentuk draf. Kita juga bisa menghapus atau edit / memperbaharui Posting yang telah dipublikasikan sebelumnya ke blog melalui menu ini

4. LAMAN (PAGES)

Menu ini berguna untuk menambah halaman pada blog. "Halaman" berbeda dengan "Posting" blog. Biasanya ini berfungsi untuk menambahkan menu About Me, Privacy Policy, Disclaimer, Contact, dll pada Blog. Contohnya seperti ini :
Url Posting : http://hanafi-id.blogspot.com/2013/08/penjelasan-fungsi-menu-dasbor-blogger-blogspot.html
Url Halaman : http://hanafi-id.blogspot.com/p/privacy-policy.html

5. KOMENTAR (COMMENTS)

Menu komentar pada blogger dashboard berfungsi untuk memoderasi (menerbitkan / menghapus / spam) komentar dari pengunjung blog yang masuk pada Posting blog yang telah dipublikasikan kedalam blog.

6. GOOGLE +

Sebagaimana telah kita ketahui sebelumnya Google Plus merupakan jejaring sosial milik Google yang sudah menjadi fitur blogger. Kita bisa membagikan artikel / posting kita kepada teman / pengikut dalam lingkaran google plus. Pada menu ini terdapat 2 pengaturan :
  • Mengingatkan untuk berbagi ke G+ setelah selesai membuat artikel.
  • Menggunakan Komentar G+ di blog.
Cukup beri / hilangkan tanda checklist untuk mengaktiftan atau menonaktifkan pengaturan diatas.

7. STATISTIK (STATS)

Menu Statistik berguna untuk melihat data - data / informasi tentang kunjungan blog, tampilan halaman, sumber lalu lintas yang masuk ke blog, telusuran kata kunci, dll yang terbagi menjadi 4 submenu :
  • Ikhtisar
  • Post
  • Sumber Lalu Lintas
  • Pemirsa

8. TATA LETAK (LAYOUT)

Tata letak berguna untuk mengatur, baik menambah atau menghapus gadged blog, seperti Popular Post, Tautan Berlangganan, Facebook Like, Live Traffic, Label Blog, Gambar, Slide Show, Banner, Arsip Blog, Search Box, dan lain sebagainya.

9. TEMPLATE

Pada menu Template ini kita bisa mengubah tampilan Blog, baik warna, tema, ukuran, panjang, lebar blog, ukuran / warna text maupun link, dan sebagainya baik melalui tombol SESUAIKAN atau pun langsung dari EDIT HTML. EDIT HTML juga berguna untuk menyisipkan Script, Kode HTML, CSS, dll. Selain itu, terdapat juga pilihan template sederhana dibawahnya yang bisa digunakan untuk template blog.

10. SETELAN (SETTINGS)

Yang terakhir adalah menu Setelan, menu ini terdiri dari 6 Sub menu :
  • Dasar
  • Pos dan Komentar
  • Seluler dan Email
  • Bahasa dan Pemformatan
  • Preferensi Penelusuran
  • Lainnya

Masing-masing sub menu tersebut mempunyai beberapa menu lagi. Fungsi Setelan antara lain :
- Mengedit Judul , Deskripsi, Url / Alamat Blog, Mengubah privasi, Menambahkan Author
- Mengatur, lokasi, pesan, verifikasi, dan moderasi komentar
- Mengatur format waktu, bahasa, memindahkan blog ke akun lain, dsb.

Demikianlah penjelasan senderhana tentang fungsi menu pada dasbor blogger. Saat awal awal belajar ngeblog (blogspot) mungkin akan sedikit kebingungan tentang cara menggunakan menu - menu diatas, tapi semakin kita penasaran dan mau belajar, jangankan hanya membuat blog, membuat website yang ramai pengunjungpun akan mudah :-).. Semoga bermanfaat.

Related

Web blog 2549288498856917557
item