9 MANFAAT MAIN GAME & EFEK POSITIF GAME UNTUK KESEHATAN

Ternyata banyak manfaat positif bermain game untuk kesehatan , dan tak semua pendapat pendapat negatif bermain game itu bisa dibenarkan. Mun...




Ternyata banyak manfaat positif bermain game untuk kesehatan, dan tak semua pendapat pendapat negatif bermain game itu bisa dibenarkan. Mungkin anda pernah mendengar ucapan ucapan seperti ini dari orang yang bukan non gamer. "Apa untungnya bermain game ? membuat malas saja !", Tidak ada efek yang bagus bermain game, ga usah deh ikut ikutan bermain game". Melihat dari beberapa pendapat pendapat tersebut, tak jarang para orang awam terutama orang tua selalu menjudge game adalah biang kemalasan dan tidak mendidik bagi anak anaknya. Banyak yang mengatakan bahwa dari gamelah mampu membuat seseorang berwatak keras dan agresif. Benarkah hal tersebut ?

Mungkin banyak yang tidak begitu percaya dengan dampak positif bermain game, tetapi sudah banyak penelitian yang mengamati seluk beluk dalam dunia game dan bagaimana efek efeknya terhadap pemain game. Anda bisa percaya atau tidak, bahwa sebenarnya game juga memiliki sisi positif untuk kesehatan. Tentunya game game yang dimainkan harus sesuai dengan umur pemainnya, mungkin karena faktor inilah dibentuk badan pengkategorian game yang lebih dikenal dengan ESRB. Lantas apa saja manfaat main game ini ?

9 MANFAAT MAIN GAME DAN EFEK POSITIFNYA


1. MAIN GAME BISA MENINGKATKAN KETANGKASAN

Para peniliti mengemukakan bahwa banyak ahli bedah yang ternyata adalah gamer mampu melakukan operasi bedah lebih cepat 27 persen dibandingkan dengan ahli bedah lainnya yang bukan gamer. Kemungkinan kesalahan yang dilakukan oleh ahli bedah gamer juga lebih kecil 37 persen bila dibandingkan dengan ahli bedah yang bukan gamer.

2. BERMAIN GAME BISA MEMBUAT ANAK BAHAGIA

Dilansir dari Vivanews 4 Agustus 2014, bermain game selama 1 jam mampu membuat anak bahagia dibanding dengan anak anak yang tidak bermain game. Penelitian ini berasal dari Oxford University. Tuturnya " Anak anak yang bermain game selama  1 sampai 2 jam akan lebih ramah dan bahagia namun tidak hiperaktif bila dibandingkan dengan anak anak yang tidak pernah memainkan game sebelumnya.

3. MAIN GAME BISA MENINGKATKAN IQ

Gamer akan bisa mengingat memory tertentu dan melihat detail sebuah objek 50 persen lebih baik bila dibandingkan dengan non gamer. Bagian cortex otak lebih tebal pada Anak anak yang juga memainkan game sejak dini bila dibandingkan dengan anak anak yang tidak pernah memainkan game.

4. BERMAIN GAME BISA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATA

Gerak akurasi mata akan meningkat 20 persen bila memainkan game game tipe action selama beberapa jam sehari.

5. SARANA FISIOTERAPI

Bermain game ternyata juga mampu meningkatkan tingkat keseimbangan sebanyak 50 persen serta gerakan yang lebih cepat bagi penderita Parkinson. Game game yang direkomendasikan adalah game game yang memerlukan aktifitas fisik seperti konsol Wii yang telah terbukti memberikan dampak positif bagi penderita Parkinson dengan jangka waktu 12 minggu.

6. BERMAIN GAME MAMPU MENGOBATI STRESS

Bermain game untuk menghilangkan strees memang benar adanya.  Hormon Cartisol penyebab stress akan mampu turun hingga 17 persen saat bermain game. Game game sejenis Bejeweled diyakini mampu mengurangi stress fisik sampai 54 persen.

7. KEMAMPUAN MULTITASKING MENINGKAT

Seseorang yang bukan gamer biasanya akan hanya mampu memperhatikan 4 objek secara bersamaan. Bedanya dengan gamer, gamer akan bisa memperhatikan dan mengamati 6 objek sekaligus. Selain itu efektivitas 20 persen lebih tinggi pada sisi persepsi dan kognitif.

8. BERMAIN GAME MENINGKATKAN RESPON

Masih ingat dengan berita bocah 11 tahun Irlandia yang menyelamatkan kakeknya dari kecelakaan mobil ?  Si anak menjadi pahlawan dan heboh diberitakan setelah menyelamatkan kakeknya (73 tahun) dari kecelakaan mobil saat kehilangan kendali, dengan respon yang cepat ia mampu mengendalikan mobil dan mengaku mendapatkan ketrampilan mengemudi mobil dari game GTA yang dimainkan. Respon yang baik ini mungkin hanya dimiliki oleh gamer, seiring dengan cepatnya gameplay, si gamer akan merespon seperti kemampuan respon pilot jet tempur.

9. VIDEO GAME UNTUK SARANA PENDIDIKAN

Anak anak dapat mengingat 90 persen informasi yang disampaikan menggunakan metode simulasi video game, dan tentu saja ini lebih baik bila dibandingkan dengan membaca yang hanya mampu mengingat 10 persen informasi.

Itulah 9 manfaat main game dan efek positif untuk kesehatan dan psikologi. Apabila anda seorang gamer, mungkin anda sudah mengalami beberapa hal yang telah disebutkan diatas atau bahkan sudah menjadi bukti hidup. Terlepas dari efek positif diatas, mungkin ada beberapa hal yang menyebabkan efek game menjadi negatif karena tak mengenal waktu atau salah target, dalam arti game yang seharusnya dimainkan oleh orang dewasa dimainkan oleh anak anak yang cukup umur. Layaknya sebuah film, game juga memiliki batasan batasan umur tertentu, tentunya ini bertujuan agar game tidak memberikan dampak negatif bagi pemainnya.

Related

Info unik 7233672664272453852
item