URUTAN SEMUA FILM MARVEL DARI AWAL HINGGA TERBARU DAN ALUR CERITANYA

Urutan semua film Marvel - Para pecinta komik Marvel pasti sudah mengetahi bahwa pihak Marvel sudah menggarap proyek besar untuk mengangkat...




Urutan semua film Marvel - Para pecinta komik Marvel pasti sudah mengetahi bahwa pihak Marvel sudah menggarap proyek besar untuk mengangkat cerita komik kedalam layar lebar. Fokus marvel kali ini adalah pada semesta Avenger, yakni mempertemukan tokoh tokoh super hero Marvel seperti Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, Spiderman, Ant-man, Dr. Strange, dan lain lain.

Masing masing superhero hadir dalam filmnya sendiri sendiri dan antara film satu dengan yang lain memiliki hubungan yang saling berkaitan. Film Marvel Semesta Avengers ini dimulai sejak tahun 2008 pada Film Iron-man, kemudian terus berlanjut sampai sekarang. Dan berikut ini adalah daftar semua film Marvel semesta Avenger yang dibahas sesuai urutan ceritanya

URUTAN & SINOPSIS FILM MARVEL BERDASARKAN ALUR CERITA


1. CAPTAIN AMERICA : THE FIRST AVENGER - 2011

Steve Rogers direkrut oleh Agent Carter dan Howard Stark untuk dijadikan sebagai percobaan tentara berkekuatan super, percobaan ini berhasil dan membuat Steve menjadi Captain Amerika. Misi Captain Amerika adalah merebut Tesseract yang berasal dari Odin yang kini dikuasai oleh Redskull dan Anggota Hydra (Dr. Zola). Dalam perebutan Teseract, Captain America tenggelam dan dibangkitkan lagi setelah 70 tahun untuk menjadi anggota Avengers.

2. MARVEL'S AGENT CARTER : SEASON 1 - 2015

Agent Carter membentuk SSR (pendahulu Shield) dan  melakukan suatu misi yang dibantu oleh Howard dan Jarvis. Saat ketika masa Steve Rogerst hilang, darahnya menjadi rebutan musuh, diakhir cerita musuh dipenjara dan bertemu dengan Dr.Zola di sel tahanan.

3. IRON MAN - 2008

Tony Stark menjad pewaris tunggal di Stark Industries sepeninggal ayahnya Howard Stark. Seorang rekan Howard Stark memiliki masalah internal dan berusaha menculik Tony melalui para teroris. Dalam tahanan penculik, Tony yang pintar membuat sebuah arc reactor dan baju besi yang disebut dengan Iron Man. Pada akhir cerita, Fury dari Shield merekrut Tony Stark kedalam tim Avengers.

4. INCREDIBLE HULK - 2008

Bruce Banner juga menjadi subyek percobaan untuk membuat tentara super Steve Rogers oleh ilmuan di Universitas Culver dengan menggunakan serum dari Sinar Gamma. Namun percobaan ini gagal dan membuat Bruce Banner menjadi makhluk hijau yang tak bisa menahan emosinya. Pada akhir cerita Hulk berhasil mengalahkan Abomination dan melarikan diri kenegara lain demi melatih emosinya. Jendral Ross mendapat masukan dari Tony Stark untuk menjadikan Hulk sebagai salah satu anggota the Avengers.

5. IRON MAN 2 - 2010

Vanko (anak dari rekan ayah Tony Stark) kini menjadi musuh Tony Stark karena merasa iri dengan kesuksesan Arc Reactor, ia mengklaim juga berhak atas penemuan Arc Reactor sehingga berniat untuk menghabisi Tony. Black Widow juga ditugaskan oleh Shield untuk mengawasi Tony karena keraguan Fury atas Tony. Setelah Vanko berhasil dikalahkan Tony cuma jadi konsultan Avenger saja. Disisi lain, Agen Coulson menemukan sebuah palu yang jatuh dari langit, palu ini ternyata milik Thor.

6. THOR - 2011

Setelah melakukan suatu kesalahan yang membuat murka Odin, Thor (anak Odin) dilempar ke Bumi. Thor sebenarnya adalah penerus tahta Odin sebagai pemimpin planet Asgard, namun adiknya Loki berusaha merebut tahta. Atas bantuan dan pengorbanan dari Dr.Selvig dan Jane Foster Thor bisa menjadi dewa yg "pantas". Fury mengundang Selvig untuk meneliti Tesseract, ia bersedia atas bisikan dan pengaruh dari Loki.

7. THE AVENGERS - 2012

Loki yang memiliki senjata tongkat Infinty Gem disuruh Thanos untuk ke Bumi dan merebut Tesseract dari Shield, kehadiran Loki ke Bumi cukup membuat kacau sehingga membuat Fury mengumpulkan The Avengers yang terdiri dari Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, Black Widow dan Barton untuk melawan Loki dan Tentara Chitauri. Meskipun berhasil dikalahkan namun kota New York menjadi porak poranda. Shield berhasil merebut tongkat Loki dan Terrasact dibawa ke Asgard.

8. IRON MAN 3 - 2013

Tony Stark kini dihadapkan dengan musuh besarnya, Mandarin. Sebenarnya Tony masih trauma bertempur atas kejadian di New York yang menelan banyak korban, namun kali ini Tony benar benar dipaksa untuk mengalahkan Mandarin dan rasa traumanya. Setelah berhasil mengalahkan Mandarin, Tony membuang arc reactor, dan meminta Bruce Banner menjadi Psikiaternya.

9. AGENT OF SHIELD : SEASON 1 (EP:1-7) - 2013

Dalam tragedi New York pada film The Avengers Agen Coulson tewas. Kali ini ia dihidupkan kembali oleh Fury, namun semua agen Shield merahasiakan proyek ini. Coulson penasaran dengan apa yang terjadi, iapun mencari tahu sendiri kejadian sebenarnya, ternyata dalam tubuhnya terdapat DNA dari Kree (alien) supaya bisa selamat.

10. THOR : THE DARK WORLD - 2013

Sebuah infinity gem yang bernama Aether tak sengaja bersarang ditubuh Jane Foster yang membuat pemilik Aether (Malekith) berniat mengambilnya kembali, namun tak hanya itu Malekith berniat untuk menghancurkan bumi dengan menembakkan tepat di Greenwich. Thor, Jane, dan kawan kawan tak tinggal diam dan berusaha menggagalkan aksi Malekith walaupun Greenwich kini sudah hancur. Malekith yang berhasil dikalahkan kini dibawa oleh Taneleer Tivan, seorang kolektor dari luar angkasa.

11. AGENT OF SHIELD : SEASON 1 (EP:8-15) - 2013

Serial ini lebih mendalami sosok Skye, agen bawahan Coulson yang dihidupkan kembali pasca kematian dalam insiden setelah menata kembali Greenwich yang hancur. Proyek menghidupkan kembali Skye yakni bernama Project TAHITI seperti Coulson. Dan akhirnya terungkap bahwa Skye adalah setengah alien karena tak merasakan efek samping apapun.

12. CAPTAIN AMERICA : THE WINTER SOLDIER - 2014

Kali ini Steve Rogers bertemu dengan sahabat lamanya Bucky Barnes dengan lengan Vibraniumnya, Bucky juga merupakan tentara super hasil eksperimen dr.Zola. Awalnya Bucky terlihat kehilangan ingatan dan dimanfaatkan oleh seseorang untuk kejahatan. Tapi pada endingnya Bucky menjadi baik, disisi lain, tongkat milik loki digunakan oleh ilmuan Hydra untuk tujuan eksperimen.

13. AGENT OF SHIELD : SEASON 1 (EP:16-22) - 2014

Ternyata Hydra adalah mata mata yang ingin mengetahui cara project TAHITI bekerja. Shield membersihkan Hydra dari naungannya melalui Coulson. Fury pun menunjuk Coulson sebagai direktur di Shield.

14. GUARDIAN OF THE GALAXY - 2014

Seorang pencuri antar galaksi bernama Peter Quill mencuri Orb yang ternyata adalah Infinity Gem, Orb ini juga diincar oleh Thanos dan menyuruh Ronan untuk mengambilnya. Awalnya Peter Quill mau menjual orb ini kepada Taneleer Tivan, namun keadaan menjadi kacau. Alhasil Orb berhasil disimpan di Xandar.

15. MARVEL'S DAREDEVIL - 2015

Ini merupakan serial Daredevil yang digarap MCU (Marvel Cinematic Universe) yang tayang di Netflix. Serial ini berlatar di Hell's Kitchen. Hell's Kitchen adalah sebuah Distrik di New York yang juga ikut hancur pada Tragedy New York pada film the Avengers. Penulis belum menemukan benang merah yang menyambungkan daredevil dengan film dan serial marvel lainnya. Daredevil lebih fokus pada konflik jalanan ketimbang konflik dunia seperti Avengers.

16. AGENT OF SHIELD : SEASON 2 (EP1-19) - 2015

Konflik utama dalam season 2 ini adalah tentang Inhuman yang juga mengalir dalam darah Skye sehingga membuat perseteruan Inhuman dan Shield semakin memanas. Disamping itu Coulson juga ingin mengambil kembali Tongkat Loki di Sokovia dengan memerintahkan Avengers kesana.

17. THE AVENGERS : AGE OF ULTRON - 2015

Avengers menyerang markas Hydra di Sokovia untuk mengambil kembali tongkat Loki, namun Hydra sudah membuat manusia super hasil eksperimen yaitu Pietro dan Wanda Maximoff (Scarlet Witch). Atas izin Thor, Tony melakukan penelitian terhadap tongkat untuk membuat program pelindung yang jauh lebih cerdas bernama Ultron. Tak disangka ternyata ultron memiliki sifat jahat. Stark membuat robot baru Vision untuk mengalahkan Ultron dan ribuan pasukannya bersama dengan tim Avengers yang lain.

18. AGENT OF SHIELD : SEASON 2-3

Kali ini The Avengers dibantu oleh Coulson melalui Theta Protocol, sementara itu konflik Shield dan Inhuman semakin besar. Dalam pertempuran Coulson cedera sampai kehilangan satu lenganya pada akhirnya inhuman kalah. Disisi lain, Diviner yang digunakan sebagai pengaktif kekuatan inhuman jatuh kelaut mengkontaminasi semua produk ikan dari laut.

19. ANT-MAN - 2015

Teknologi canggih diaplikasikan kedalam sebuah kostum sehingga membuat pemakainya mengecil dan membesar. Sang pencipta kostum Dr. Hank Pym menyimpan kostum tsb sampai ada orang yang pantas memakainya, sampai ia bertemu dengan Scott Lang. Scott Lang adalah orang yang pantas menggunakan kostum Superhero Ant-Man tersebut. Dalam suatu waktu ia pergi ke markas Avengers untuk mencuri komponen, ia sempat bertarung dengan Falcon, namun Akhirnya Falcon mencari Ant-Man untk merekrutknya kedalam tim Avengers.

20. CAPTAIN AMERICA : CIVIL WAR - 2016

Para Avenger kini terpecah menjadi 2 kubu yang saling berselisih karena berbeda pandangan, kubu pertama yang dipimpin oleh Captain America dengan anggota Winter Soldier / Bucky, Falcon, Scarlet Witch, Hawk Eye, dan Ant-Man.ingin agar superhero tetap menjalankan misi perdamaian tanpa campur tangan pemerintah. Sementara kubu kedua yang dipimpin oleh Iron Man beranggotakan Black Widow, War Machine, Vision, Black Panther, dan Spiderman yang mendukung pemerintah agar para superhero membuka jati diri dan mengikuti pemerintah. Perang saudara tak terelakkan.

21. DR. STRANGE - 2016

Seorang dokter spesialis ahli bedah yang mahsyur bernama Stephen Strange adalah sosok orang yang pintar dan cerdas, tapi kelakuannya juga agak arogan. Setelah kecelakaan mobil, karirnya tiba tiba hancur. Dalam sebuah perjalanan jauh ia bertemu dengan Ancient One seorang penyihir yang mengajarkan DR. Strange ilmu sihir untuk menjaga perdamaian di bumi sekaligus melawan seorang penyihir kejam yang mengancam jiwa Dr. Strange dan dunia. Walaupun tak ada anggota Avengers  yang muncul dalam film ini, tapi Film Dr. Strange cukup banyak mereferensikan film Marvel lainnya, seperti pada dialong dan scene berikut dalam film :
- "Avenger melindungi bumi dari bahaya fisik, sedangkan kita melindungi dari ancaman mistis"
- "Seorang kolonel 35 tahun tulang belakangnya remuk karena eksperimen baju besi (War Machine)"
- Terlihat menara Avengers saat musuh Dr. Strange mengacak dimensi di New York.
Nantinya, Dr. Strange akan muncul dalam film Thor Ragnarok yang akan membantu Thor dan Loki.

22. GUARDIAN OF THE GALAXY VOL 2 - 2017

Film ini lebih menyorot cerita tentang Ayah Peter Quill / Star Lord, ia diduga adalah j'son dalam film Guardian of the Galaxy pertama. Ayah Peter Quill ternyata merupakan alien yang berasal dari Kekaisaran Spartoi. Banyak orang yang menyangka bahwa ayah Quill memang j'son ini, namun hal ini masih belum musti benar.

23. SPIDERMAN : HOMECOMING - 2017

Kejadian dalam film ini tak lama setelah peristiwa Civil War. Peter Parker alias Spiderman merupakan anak SMA yang harus dihadapkan dengan problematika anak ABG, sementara disisi lain ia menjadi pahlawan super yang menjaga kota dari tindakan kriminal penjahat jalanan. Dibantu oleh Tony Stark ia mendapatkan kostum Spiderman yang sangat canggih. Kostum tersebut menyimpan sensor sehingga keberadaan Spiderman bisa dilacak oleh Tony, namun Peter yang bandel melepas sensor tersebut sehingga Kostumnya kembali ditarik oleh Tony. Dalam keadaan tersebut muncullah sosok jenius Volture yang melakukan bisnis jual beli senjata super ilegal yang dibuat dari sisa alien yang ia ambil dari reruntuhan sisa perang Avenger. Tanpa kostum buatan Tony, Spiderman harus menghentikan Volture. Yang lebih menyakitkan peter, ternyata Volture adalah ayah dari cewek yang dia taksir.

24. THOR : RAGNAROK - 2017

Surtur makhluk api yang ingin menhancurkan Asgard berhasil dikalahkan oleh Thor, di Asgard Thor tidak menemukan ayahnya, Odin. Tetapi hanya adiknya Loki yang menyamar jadi Odin. Dengan bantuan Dr. Strange, Thor dan Loki pergi kebumi untuk mencari Odin, pada penglihatan mereka ternyata Odin mati, dan menyuruh mereka untuk melawan Hela yang akan menghancurkan Asgard. Dalam perjalanan kembali ke Asgard, Thor dan Loki terdampar di Planet Sakaar. Thor ditawan dan diadu dengan Hulk yang juga terdampar beberapa tahun lalu pasca Avengers "Age of Ultron". Setelah kejadian ini, Thor kembali ke Asgard untuk melawan Hela yang sangat kuat bahkan palu Thorpun dengan mudah dihancurkan Hela. Diakhir cerita Thor, Hulk, Loki dan penduduk Asgard yang tersisa pergi menuju bumi, pesawat induk yang mereka tumpangi, berpapasan dengan pesawat yang jauh lebih besar. Kemungkinan ini adalah pesawat Thanos yang akan menjadi musuh dalam film berikutnya "Avengers : Infinity War".

25. BLACK PANTHER - 2018

Sebagai Raja baru dari Wakanda, T’Challa masih bergumul mengenai perasaannya atas terbunuhnya sang ayah, T’Chaka pasca peristiwa Civil War. Namun ia kemudian memutuskan untuk meneruskan perjuangan sang ayah. Ketika Wakanda berada dalam ancaman dua musuh berbahaya yang dapat mengancam keselamatan negara, Black Panther berusaha membuktikan diri sebagai raja sejati Wakanda. Ia harus menggunakan kostum barunya serta kekuatannya untuk membela Wakanda dan negara lainnya.

26. AVENGERS : INFINITY WAR - 2018

Film pertempuran paling hebat di Marvel ini dijadwalkan tayang bulan Mei 2018. Pasca terpecahnya tim Avenger dalam perang Civil War, Avenger bekerjasama dengan para pahlawan dari Guardian of the Galaxy untuk melawan penjahat antar galaksi Thanos yang sedang mencoba mengumpulkan Infinity Stones agar Gauntletnya lengkap. Dengan Gauntlet ini Thanos bisa melakukan apa saja yang ia mau. Ada banyak sekali Villain dan superhero yang terlibat dalam momen ini baik superhero dari keseluruhan Avengers, Shield, Guardian of the Galaxy, & Dr. Strange.

27. AVENGERS : END GAME - 2019

Pasca kejadian Infinity War, semua makhluk tinggal setengahnya karena dihapus oleh Thanos termasuk bumi. Antman yang berhasil selamat dari kuantum waktu kembali kemasa sekarang, bersama anggota Avengers yang tersisa termasuk Iron Man, dia berencana untuk membuat mesin waktu dan kembali kemasa Thanos sebelum mengumpulkan semua Infinity Stone untuk membalik keadaan.

28. SPIDERMAN : FAR FROM HOME - 2019

Dalam film ini Peter Parker dihadapkan dengan Mysterio, penjahat cerdik yang menggunakan teknologi ilusi yang berniat mengambil kacamata Peter pemberian Iron Man, kacamata tersebut bisa mengakses teknologi canggih milih Tony Stark bahwa meluncurkan drone pembunuh dari luar angkasa.

Itulah urutan, sinopsis, dan alur cerita film film Marvel Cinematic Universe. Jika dilihat dari uraian diatas tentu kamu menjadi faham bahwa film satu dan lainya memiliki hubungan yang kompleks, sehingga bisa menyatukan superhero superhero Marvel. Artikel ini akan terus diupdate jika ada film Marvel baru yang rilis.

Related

Film 6419094119017798438
item