PANDUAN MEMBUAT BLOG LENGKAP STEP BY STEP

Panduan membuat blog berikut ini ditujukan bagi Anda yang belum pernah membuat blog sama sekali atau masih dalam tahap belajar. Secara umum...




Panduan membuat blog berikut ini ditujukan bagi Anda yang belum pernah membuat blog sama sekali atau masih dalam tahap belajar. Secara umum blog memang disebut juga dengan website atau weblog, tetapi blog lebih dikenal untuk digunakan dan dioperasikan secara pribadi dalam artian menulis dan mengisi konten didalam blog dilakukan perorangan, walaupun demikian saat ini banyak juga blog yang digunakan oleh komunitas dan perusahaan. Banyak sekali penyedia blog gratis yang bertebaran dan Internet. Anda bisa memilih sendiri kira kira penyedia blog gratis mana yang ingin anda gunakan. Saya pribadi lebih suka menggunakan layanan blog gratis dari Google, yakni blogspot (blogger.com).

Kenapa memilih blogspot ? Menurut saya, saat ini blogspot merupakan layanan blog gratis terbaik yang cukup banyak mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan penyedia blog gratis lain (walaupun hal ini bersifat relatif). Berikut ini adalah beberapa kelebihan membuat blog di blogspot / blogger yang saya temukan :
  • Gratis; tentu saja gratis karena Anda tidak dipungut biaya sama sekali untuk mempunyai blog di blogger.com
  • Mudah; pengoperasian dan pengelolaan cukup mudah, menu dasbor blogger akan cepat mudah difahami, sekalipun bagi yang belum pernah "ngeblog".
  • Tampilan bisa di hack; Anda bisa mengubah sesuaikan tampilan blog sesuai keinginan.
  • Mudah dioptimasi; konten dan artikel blog mudah dioptimalkan.
  • Monetisasi; Anda bisa menghasilkan uang dari blog dengan berbisnis online.
  • Domain sendiri; jika tidak ingin blog Anda bersubdomain blogspot anda bisa menggunakan domain sendiri (custom domain), seperti blog ini dulunya berURL www.therealhanafi.blogspot.com, kemudian saya custom dengan domain sendiri menjadi news.berbagiinfo4u.com. Custom domain juga bertujuan agar blog anda terlihat profesional.
  • Yang punya Google; Google adalah raksasa search engine terbesar saat ini, sehingga tidak menutup kemungkinan blogspot menjadi "anak emas" dalam pencarian google, namun itu tergantung kualitas konten blog yang Anda buat.
  • Dan masih banyak yang lainnya...

PANDUAN MEMBUAT BLOG LENGKAP


Jika Anda berkeinginan membuat blog dengan menggunakan layanan blog gratis dari blogger, berikut ini adalah panduan membuat blog langkah demi langkah mulai dari membuat email sampai mempublikasikan artikel. tulisan ini hanya bertujuan mempermudah, terutama bagi Anda yang belum pernah membuat blog.

1. MEMBUAT EMAIL DI GOOGLE MAIL / GMAIL


Sebelum mendaftar untuk membuat blog, pertama Anda harus mempunyai akun Email Gmail, Akun Email ini nantinya untuk MASUK kedalam akun Blogger Anda. Jika Anda belum mempunyai akun Email Gmail silahkan lihat cara daftar email Gmail.

2. DAFTAR DI BLOGGER.COM UNTUK MEMBUAT BLOG


Setelah email anda aktif, silahkan buka alamat www.blogger.com. Caranya bisa anda lihat pada cara membuat blog di blogger.com. Disana bisa memilih nama dan URL untuk blog Anda, pastikan URL blog sedang tidak digunakan oleh orang lain, sehingga bisa Anda gunakan.

3. MEMPELAJARI MENU PADA DASHBOARD BLOGGER


Saat blog Anda sudah jadi, maka saat LOG IN di blogger.com, anda akan melihat banyak menu menu dasbor blogger, seperti ENTRI BARU, STATISTIK, TATA LETAK, dll. Menu menu tersebut berfungsi untuk membuat posting / artikel yang akan dipublikasikan ke blog. Jadi sederhananya adalah :
  • Blogger.com, adalah tempat dimana anda membuat tulisan, melihat statistik kunjungan, mengubah tata letak (layout) dll.
  • Sedangkan URL Anda (www.bloganda.blogspot.com), adalah tempat tulisan Anda dipublikasikan dan bisa diakses oleh semua orang di Internet.
Untuk mengetahui fungsi menu menu tersebut silahkan lihat pada artikel penjelasan fungsi menu pada dasbor blogger.

4. MENGUBAH TAMPILAN BLOG / TEMPLATE ( OPSIONAL )


Anda bisa merubah tampilan / template blog jika dirasa kurang puas dengan template dafault blogger yang "itu itu saja". Cara memasang template blog ialah dengan cara upload. Lebih jelasnya bisa dilihat pada cara memasang template blog. Banyak sekali situs penyedia template blog gratis di Internet, template yang disediakan sangat bervariasi, mulai dari tema olahraga, hobi, hingga bisnis, Anda bisa memilih template dengan tema apapun yang Anda inginkan, tentunya ini harus sesuai dengan tema blog anda agar terlihat serasi.

5. CARA MEMBUAT POSTING DI BLOG


Posting di blog bisa berupa tulisan (text), gambar / foto, maupun video. Bisa juga dengan cara sekaligus baik teks, foto, dan video secara langsung. Silahkan lihat cara membuat posting di blog untuk lebih jelasnya. Jika anda menginginkan banyak pengunjung di blog Anda, maka buatlah tulisan yang berkualitas dan unik. Tulisan berkualitas bisa diperoleh dengan menuliskan apa saja yang anda ketahui, bisa berupa informasi, tutorial, cerpen, ulasan, dan lain sebagainya. Sedangkan yang dimaksud unik adalah, tulisan yang anda buat tidak ada duplikasinya di Internet (bukan hasil copy paste), tentunya itu terserah Anda.

Demikianlah langkah langkah mudah dan sederhana untuk membuat blog, dengan memiliki dan mengelola blog, Anda telah mempunyai gelar baru, yaitu seorang "BLOGGER" dan inilah 11 alasan kenapa kita harus bangga menjadi blogger :-). Semoga panduan membuat blog yang sederhana ini bermanfaat.

Related

Web blog 2738821139010294329
item